Thursday, August 5, 2010

Cupcake with yoghurt

Ini satu lagi pilihan resep yg gampang dan cepat dibuatnya. Resep yg ini agak beda dikit dg resep2 yg lain, krn resep ini memakai yoghurt/sour cream/buttermilk dlm campuran bahan2nya.
aku bikin cupcake ini krn penasaran pengen bikin cupcake yg lembut, moist tp padat. Kalo pake resep cupcake yg lain, biasanya bisa padat tp krg lembut. Nah, konon katanya dg penambahan yoghurt di dalam adonan, cupcake yg dihasilkan bisa moist. Maka, mencoba lah aku resep ini.
Resep asli aku ambil dari blog nya Rina Rinso...kalo mau liat2 ke blog nya beliau boleh lho, banyak resep2 yg berguna disitu.
Ini aku tulis ulang disini ya resepnya :

CUPCAKE PRAKTIS ALA RINA RINSO

Bahan :

2 cup terigu serba guna
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
4 butir telur ukuran besar
2 sdt vanilla
3/4 cup gula
170 gr mentega, cairkan
1 1/4 cup buttermilk/sour cream/thick yoghurt

Cara membuat :

  1. Ayak terigu, baking powder, dan baking soda. Sisihkan.
  2. Di wadah lain, kocok telur dengan whisk atau sendok kayu, kemudian masukkan vanilla dan gula, aduk rata.
  3. Setelah rata, masukkan mentega cair, aduk rata. Setelah itu masukkan buttermilk/sour cream/yoghurt, aduk rata.
  4. Masukkan bahan kering secara bertahap, pertama 1/3 bagian dulu, aduk, tambahkan 1/3 lagi, dst. Aduk asal rata saja, jgn terlalu kuat mengaduk.
  5. Masukkan adonan di loyang muffin yg sudah dialasi cup kertas. Bisa diberi filling sesuai selera.
  6. Panggang di oven sampai matang.
Hasilnya ? Menurut aku sih, moist nya udah dapet, sm teksturnya kurang halus (menurut lidahku lho yaaa....) krn cakenya itu bisa bergerindil gitu, jd kayak berbutir tp moist sih (aduh gimana ya jelasin nya....bingung). Dicoba deh bikin biar tau rasanya yah. Ohya, kalo yg aku bikin ini, aku kasi rasa mocca plus filling keju cheddar dipotong kotak2 kecil...nyammm nyammmm.

No comments:

Post a Comment