Tuesday, March 23, 2010

Sup Daging dengan Jamur enoki

Beberapa hari ini lagi rajin banget masak memasak. Kali ini aku buat sup daging dengan tambahan jamur enoki, bawang bombay, dan daun bawang.
Gampang banget bikinnya, dan rasanya enakkk. Resepnya aku liat di majalah Sedap (7-2009). Ini aku kasi resepnya siapa tau ada yg mau nyoba ya...Aslinya sih pake daging sukiyaki trus enoki nya digulung di dalam daging, tp krn aku nggak ada yg bantuin, takut ribet, akhirnya aku bikin aja pake daging cincang, enokinya gak pake digulung dlm daging, lsg dicemplung....enak jg kok.
Ini aku masak buat Beverly, plus sekalian ngirimin teman yang lagi sakit, opname di RS, moga2 si teman doyan ya...

DAGING GULUNG ENOKI BERKUAH

Bahan :

150 gr daging sukiyaki
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
50 gr jamur enoki (ambil tiap 8 batang)
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
800 ml kaldu sapi (dari rebusan tulang sapi)
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt kecap jepang
1 sdt angciu
1 btg daun bawang, diiris serong panjang
2 sdm minyak utk menumis

Cara membuat :


  1. Lumuri daging sukiyaki dengan garam dan merica, sisihkan.
  2. Ambil selembar daging sukiyaki, letakkan 8 batang jamur enoki, gulung. sisihkan.
  3. Tumis bawang bombay sampai layu. Masukkan daging sukiyaki, aduk sampai berubah warna.
  4. Tuang kaldu sapi, aduk rata. Tambahkan merica, garam, gula, kecap jepang, dan angciu. Masak sampai matang. Masukkan daun bawang, aduk rata.
  5. Angkat, siap disajikan. 
Nah, gampang banget kan resep ini. Ayo, buruan dicoba !!!

Note :

* krn aku masak untuk anak kecil plus teman yg sedang sakit, jd mericanya aku kurangi (pake dikit bgt biar sedap), dan menumis bombay nya di teflon aja jd nggak perlu minyak segambreng, hehehe

No comments:

Post a Comment