Thursday, June 17, 2010

Balada Pisang Molen Bandung ku...yg setengah matang, hiks hiks

Siapa sih yg gak tau pisang molen ala Bandung yg ngetop itu ? Dulu waktu aku msh kuliah di Jakarta, kalo lg main ke Bandung, tak pernah lupa itu molen selalu beli buat bawa ke Jakarta. Sekarang sih udah banyak ya merk2nya, tp buat aku tetep yg jd favoritku ya Kartika Sari, yg ukuran kecil...pas utk 2-3 gigitan aja, gak bikin eneg.
Nah, sekarang udah pulang kampung ke Malang, jarang banget ke Bandung, terakhir malah udah bertahun-tahun lalu. Kadang kangen juga ama molen Bandung, jd kalo ada sodara ato teman yg kesana, nitip beli deh.
Beberapa waktu lalu aku beli tabloid Saji, eh lha kok ada resep molen Bandung itu...gatal pingin nyoba bikin sendiri, krn aku jg hobi masak memasak dan bikin kue sih.
Akhirnya hari ini aku nyoba, mumpung libur sekolah juga...jd bs start dari pagi. Timbang2...nguleni adonan, giling2 dsb...jadilah adonan kulitnya. Kalo isi kan gampang, pisang dikukus ama keju dan meises. Jadi yg ruwet pasti cuma bikin kulitnya (pikirku...)
Setelah kulit jadi, potong2 sesuai ukuran yg diperlukan, aku liat kulitnya rasa2nya berhasil, krn keliatan ada lapisan2 tipis gt (salah satu ciri pastry2an kan berlapis-lapis).
Dengan pd krn liat kulitnya berhasil, aku mulai coba ngisi si kulit dg pisang kukus, keju dan meise...ehhhh...lha kok...sulittttt.
Waduhh, gmn nih ? Yg bikin sulit itu adalah gmn caranya ngelipat kulit yg sdh diisi itu supaya bagian bawah ttp tipis, nggak ketebelan.
Tp aku coba sebisaku, sampai slesai jadi 1 loyang (12 potong). Trus aku panggang selama 40 mnt, liat2 kok msh pucet ya atasnya (harusnya dipoles pake kuning telur plus madu, tp aku lg gk punya madu jd cm pake kuning telur aja). Aku tambahin lg bbrp mnt sambil pintu oven aku buka dikit biar gk kepanasan. Total kira2 1 jam aku panggang si molen itu. Akhirnya aku angkat aja krn bagian atas udah mulai retak. Nunggu dingin sambil dag dig dug duerrrr...udah agak dingin gak sabaran aku comot satu, hmmm wangi pisangnya menggoda. Gigit satu...oohh...bener kekhawatiranku td, bagian bawah bermasalah krn terlalu tebal, blum matang padahal yg atas udah sampe retak gt....hiks hiks, gagal ½ deh molenku.
Kok gagal ½ ? Karena aku udah berhasil bikin adonan kulitnya, tp gagal dlm 'mengisi' plus lagi warna jg masih jelek, next time hrs pake madu biar kuning mengkilat bagus.
Ini aku kasi resepnya kalo mau ikutan nyoba ya, ntar kalo ada yg berhasil mengisi dg benar (bag. bawah gk tebal) kasi tau aku trik nya yaaa

PISANG MOLEN  (source : Saji ed. 180 th 2010)

Bahan kulit :
225 gr terigu protein sedang
¼ sdt garam
130 ml air es
½ sdm gula pasir
100 gr korsvet, dilembutkan

Bahan isi :
2 buah pisang nangka, dikukus, potong2
75 gr keju cheddar, potong korek api
25 gr meises

Bahan olesan :
2 kuning telur
1 sdt madu

Cara membuat :
1. Aduk bahan kulit kecuali korsvet sampai bergumpal. Bungkus. Simpan 15 mnt di lemari es.
2. Giling adonan. Letakkan korsvet di tengah. Bungkus. Giling memanjang.
3. Lipat bagian atas ke tengah dan bagian bawah ke tengah saling menumpuk. Diamkan 10 mnt.
4. Giling memanjang. Lakukan lipatan yg sama 2 kali lagi. Terakhir, simpan 30 mnt di lemari es.
5. Giling tipis adonan. Potong 8x8 cm.
6. Letakkan potongan pisang, meises, dan keju. Lipat sampai tertutup.
7. Letakkan di loyang 24x12x4 cm yg dioles margarin dan dialas kertas roti. Oleskan bahan olesan.
8. Oven 40 mnt dg api bawah suhu 180 derajat Celcius.

Selamat mencoba, jgn lupa kabari aku kalo udah berhasil yaaaa.
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

No comments:

Post a Comment